07 May 2009

Glodok! i'm in love

Fellas!
Tinggal seminggu lagi UAS! abis itu hibernasi libur totaaaal! Tapi tetep aja, biar liburan harus belajar supaya dapet SNMPTN. Kodok loncat bener yee, kirain udah bisa ngongkang2 kaki sambil minum kopi pait ama samsoe, di kira kakek2 ape.

Bus the way, kemaren kroco2 JakCer! (baca : Annas, Adith sama Nesto doang. Jack sibuk entah kemana) baru menemukan sebuah tempat bagus lagi. Tet tet tetttt, ada backsoundnya biar asik dikit. Tempatnya di Wihara Dharma Bhakti, Glodok tempat jual plestesen. Kite smua baru sadar, kalo Jakarta ternyata punya tempat kyk kota cina gitu, bahasa asiknya China Town. Buseng deeng tempatnya, kaga banyak tuh orang cina , banyak juga pribumi2 sok asik gitu. Ada orang cina tapi banyak nya pas di klenteng nya.


Bagi para manusia ato makhluk Jakarta yang pengen liat, merasakan (sahhh elah merasakan), menikmati, menghirup, memakan sejarah orang pecinaan (baca : China Town) emang kita harus ke Glodok!


Suasana pecinaan yang asoy langsung aja diketemuin pas baru masuk. Dari ujung ke ujung bederet toko makan china, ga tau dah halal apa ngga. Tapi yang pasti ni tempatnya udah cina bgt dah. Berasa di luar negeri, padahal mah Jakarta2 juga.

Di Sepanjang jalan Hayam Muruk ada aje nama gang2 ga jelas. Tapi lebih ke nama sifat di hati gitu kayak Gang Kerajinan, Gang Kesejahteraan, Gang Keagungan, Gang Kesederhanaan, Gang Ketentraman, de el el. Kaga ada Gang Kejahatan, padahal pan itu gang ada di hati juga yakan. Akhirnye kita brenti di Gang Kemurnian. Au ngapa brentinya di sono, padahal mah asikan di gang Kejahatan kalo ada.


Mulut Gang kayak di apit sama toko2cina gitu, tempatnya juga pas bgt sblm pasar Glodok. Dan hadirin sekalian musti tau, kita smua kesana dalam keadaan siang bolong! Oh mai gat, sumpah PANAS GILA, berasa neraka bocor. Udah gitu macet mobil2 sgala macem, orang2 lewat, pasar glodok kaga jelas maunya apa, tukang parkir triak2, klakson mobil brisik bner, dan yang pasti polusi udara yang ga nahan bgt men.

Jakarta oh jakarta panasnya kyk neraka di kasih AC 1000 biji


Alhasil kite masuk aja tuh ke Gang Kemurnian. Pas udah masuk, sepi bgt meeeenn. Beda banget sama di depan. Ga ada lagi tuh toko2 'koh aci and the genk', berubah ke rumah2 yang masih bentuk bangunan lama. Makin masuk ke dalam makin mirip di cina, sampe akhirnya mentok di pertigaan Jalan Kemenangan. Dan tujuan trakhir kita tempat peribadahan orang2 Tionghoa, Wihara Dharma Bhakti.




Spoiler dikit ahhh,
Pada tahun 1650 wihara ini dibangun dengan nama Koan Im Teng (Auditorium Koan Im) oleh seorang Letnan Tionghoa bernama Kwee Hoen. Namun sayang, pada 1740 dimana ketika itu terjadi pembantaian besar-besaran etnis Tionghoa yang dimotori oleh Gubernur Jendral Adriaan Valckenier, wihara ini dihancurkan. Untung, warga masyarakat Tionghoa setempat kembali membangunnya dan pada 1755 Kapitan Oeij Tjhie memberi nama baru "Kim Tek Ie" (Wihara Kebajikan Emas). Sayangnya, pada Zaman Orde Baru nama Kim Tek Ie terpasa diganti menjadi Dharma Bhakti.
Abis si Annas jepred2 asoy dengan camera barunya, kite memutuskan buat balik. Soalnya panasnya udah ga nahan bener.

see yaa fellas, ;p

Perhatian! : Gunakan Sunblock, Sunglass, payung cantik, dan masker untuk melindungi anda dari sengatan panas matahari yang sama dengan neraka bocor di kasih AC 1000 biji sebelum berkunjung ke Glodok di siang bolong. terima kasih

6 comments:

Kekosarah said...

FOTONYA KEREEEEN!

JakCER!'s said...

haha biasa bang annas yang ngambil

shara mnc said...

follow balik dong

Mursal said...

s ni artikel nya,foto2nya jg......emang anak muda hrss kaya gini ni heuheuheheue

kelanaliar said...

cool photos!!!!!

JakCER!'s said...

@raras: thank youuuu :)